Posted by : Unknown
April 01, 2017
Sejarah
Animasi Di Asia
Kemudian animasi merambah
dunia asia. Di Jepang misalnya animasi mulai berkembang sejak tahun 1913.
Dimana pada waktu itu dilakukan first experiments in animation yang dilakukan
oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro. semua jenis animasi
yang berasal dari jepang disebut anime oleh penduduk non-Jepang. Berkembangnya
industri anime memiliki hubungan yang erat dengan penurunan industri perfilman
Jepang. Industri animasi berawal pada tahun 1915 dengan animasi sebagai bentuk
karya seni komersial setelah era pasca perang dan memiliki puncak pencapaian
pada pemunculan serial tv Astro Boy dari Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Jalan
cerita Astro Boy yang menarik dikombinasikan dengan desain grafis yang minimal
tapi efektif menjadi alasan kesuksesannya yang cukup cepat.
Walaupun anime juga
memiliki pengaruh dari Amerika Serikat, ia telah mengarah pada jalan yang
berbeda : orientasi pada orang dewasa dan cerita yang kompleks sebagai
keseluruhan strukturnya. Anime berbentuk serial tv (karena erat kaitannya
dengan perkembangan manga yang memiliki episode yang panjang) membentuk
cerita-cerita serial. Perkembangan anime menjadi Original Animation for Video
(OAV) dan ke bentuk film layar lebar sekitar tahun 1970-an membawa pengaruhnya
ke luar Jepang.
Memasuki 1990-an, banyak
bermunculan anime-anime yang menarik secara intelektual, seperti melalui serial
tv yang dianggap provokatif : Neon Genesis Evangelion karya Hideaki Anno dan
juga Mononoke Hime karya Hayao Miyazaki, membuat anime makin dikenal.
Secara kronologis, anime
berkembang dari pengkarakteran yang hitam putih dan cerita-cerita petualangan
bertemakan Cinta, Keberanian dan Persahabatan menjadi filosofi yang kompleks,
membuka jalan pada potensi artistik dan komersial. Anime jepang berkembang sesuai
dengan perkembangan budayanya. Ciri khas anime lainnya adalah dominannya
penggunaan tekhnik animasi tradisional menggunakan cel. Sampai awal 90-an
hampir semua anime masih menggunakan teknik animasi tradisional. Ketika
tekhnologi digital masuk ke dalam proses pembuatan animasi sekitar pertengahan
‘90-an, studio-studio mulai memproduksi anime mengikuti tren tersebut, walaupun
masih ada beberapa studio seperti Ghibli yang masih setia terhadap animasi
tradisional pada sebagian besar produknya, dan hanya menggunakan tekhnologi
digital sebagai pelengkap. Anime juga merupakan sebuah karya seni kontemporer
Jepang yang kaya dan menarik, dengan kekhasan estetika naratif dan visual, yang
berakar pada budaya tradisional Jepang dan menjangkau perkembangan seni dan media
terkini. Dengan variasi subjek dan materinya, anime adalah sebuah cermin yang
berguna pada masyarakat kontemporer Jepang. Pada perkembangannya Anime
merupakan fenomena global, baik sebagai kekuatan budaya maupun komersil yang
mampu membawa pencerahan pada isu yang lebih luas pada hubungan antara budaya
lokal dan global. Sebagai sebuah aksi untuk melawan hegemoni dari globalisasi.
Anime tetap memiliki akar ke-Jepang-annya, tetapi ia juga mampu mempengaruhi
lebih dari wilayah jepang hingga mencakup area di luar jepang. Memiliki gaya
visual yang khas, seperti yang ditunjukkan pada anime tahun 1970-an yang
memiliki tracking shots, pengambilan gambar yang panjang bagi pembangunan
sebuah shot, panning yang ‘berlebihan’, sudut pandang kamera yang tidak biasa serta
pemanfaatan extreme close up. Sekarang ini memang perkembangan animasi di
jepang sangat pesat dibandingkan negara-negara lainnya, terbukti denegan
besarnya pasar konsumen anime, bukan hanya di jepang bahkan di negara-negara
lain.Berbeda dengan Amerika, di jepang film animasi tidak hanya ditujukan pada
anak-anak saja tapi juga untuk kalangan dewasa. Animasi menjadi populer di
Jepang pada abad 20 sebagai media alternatif dalam penceritaan selain live
action.Fleksibilitas variasi penggunaan teknik – teknik animasi memberi
kesempatan bagi para pembuat film di jepang untuk mengeksplorasi bermacam ide,
karakter, setting yang sulit dilakukan dalam format live action dengan biaya
yang terbatas .Anime dapat digolongkan pada budaya populer (di jepang) atau
pada sub – kultur (fi Amerika serikat).Sebagai sebuah budaya populer , anime
telah dilihat sebagai karya seni intelektual yang menantang.Sejarah karya
animasi di Jepang diawali dengan dilakukan eksprimen pertama dalam animasi oleh
Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun
1913.Kemudian diikuti film pendek [hanya berdurasi sekitar 5 menit] karya Oten
Shimokawa yang berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki tahun 1917. Pada saat
itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi sepanjang 5
menit tersebut dan masih berupa “film bisu”. Karya Oten itu kemudian disusul
dengan anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro hasil karya Seitaro
Kitayama pada tahun 1918, yang dibuat untuk pihak movie company Nihon Katsudo
Shashin [Nikatsu].
Sejarah Animasi Di Indonesia
Sejarah Animasi Indonesia mulai diketahui sejak ditemukannya Cave Pinting yang bercerita mengenai binatang buruan atau hal-hal yang berbau mistis. Sejak tahun 1933 di Indonesia banyak koran lokal yang memut iklan Walt Disney. Kemudian pada tahun 1955, Presiden Soekarno yang sangat menghargai seni mengirim seorang seniman bernama Dukut Hendronoto (Pak Ook) untuk belajar animasi di studio Walt Disney. Setelah belajar selama 3 bulan, ia kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama bernama “Si Doel Memilih”. Film animasi 2 dimensi tentang kampanye pemilihan umum pertama di Indonesia itu menjadi awal dimulainya animasi modern di Indonesia.
Pada tahun 1963 Dukut Hendronoto (Pak Ook) pindah ke salah satu stasiun TV di Indonesia milih Negara dan mengembangkan animasi di sana dalam salah satu program namun kemudian program itu dilarang. Di tahun tersebut stasiun TV tersebut merupakan stasiun TV yang ada di Indonesia. Stasiun ini sudah memulai menayangkan film-film yang dibuat oleh Walt Disney dan Hanna-Barbera, sekitar tahun 1970.
Pada tahun 70-an terdapat studio animasi di Jakarta bernama Anima Indah yang didirikan oleh seorang warga Amerika. Anima Indah termasuk yang mempelopori animasi di Indonesia karena menyekolahkan krunya di Inggris, Jepang,Amerika dan lain-lain. Anima berkembang dengan baik namun hanya berkembang di bidang periklanan. Di tahun 70-an banyak film yang menggunakan kamera seluloid 8mm, terlalu banyaknya penggunaan kamera untuk membuat film tersebut, akhirnya menjadi penggagas adanya festival film, di festival film itu juga ada beberapa film animasi Batu Setahun, Trondolo dll.
Pada tahun 90-an sudah banyak berbagai film animasi diantaranya Legenda Buriswara, Nariswandi Piliang, Satria Nusantara yang kala itu masih menggunakan kamera film seluloid 35 mm. Kemudian ada serial “Hela,Heli,Helo” yang merupakan film animasi 3D pertama yang di buat di Surabaya. Tahun 1998 mulai ada film-film animasi yang berbasis cerita rakyat seperti Bawang Merah dan Bawang Putih, Timun Mas dan petualangan si Kancil, dan an pada era 90-an ini banyak terdapat animator lokal yang menggarap animasi terkenal dari negara Jepang seperti Doraemon dll.
Diantara sekian banyak studio animasi yang terdapat di Indonesia, Red Rocket Animation termasuk yang paling produktif. Pada tahun 2000 Red Rocket memproduksi beberapa serial animasi TV seperti Dongeng Aku dan Kau, Mengapa Domba Bertanduk dan Berbuntut Pendek, dll. Pada masa ini serial animasi cukup populer karena sudah menggabungkan 2D animasi dengan 3D animasi. Lalu pada tahun 2003, serial 3D animasi merambah ke layar lebar diantaranya “Janus Perajurit Terakhir”
Pada 7 Mei 2004, hadir film 3D animasi berdurasi panjang (full animation) buatan Indonesia sekitar 30 menit yaitu “Homeland” yang ceritanya diolah bersama tim Visi Anak Bangsa dan Kasatmata. Film ini berkisah soal petulangan seorang bocah bernama Bumi yang berusaha menemukan tempat tinggalnya di dunia yang imajiner. Dalam menempuh perjalanan itu Bumi ditemani beragam binatang yang memiliki indra dan berjiwa dan mempunyai kepribadian serta bisa berbicara sebagaimana layaknya manusia. Film ini digarap selama satu tahun di bawah payung Studio Kasatmata di Jogjakarta.
Di antara suguhan berbagai serial kartun dari Nickelodeon, menyelipkan satu program anak-anak Kabayan dan Liplap. Animasi buatan asli anak negeri ini yang merupakan buah karya Castle Production, perusahaan animasi lokal yang sebelumnya lebih sering menangani proyek animasi untuk negara lain. Animasi ini mencitrakan Kabayan sebagai seorang anak berumur 10 tahun, bertubuh gemuk, rajin, jujur, dan bijaksana. Kabayan memiliki teman imajinasi seekor kunang-kunang bernama Lip Lap. Dia selalu mengikuti dan menemani Kabayan ke mana pun. Lip Lap sering menyemangati Kabayan bila sedang putus asa dan mengingatkan bocah tersebut bila berbuat salah.
Pada tahun 2008, Indonesia berhasil membuat film animasi 3D pertama yang ditayangkan di layar lebar dan juga sudah berhasil Go Internasional (didistribusikan ke berbagai negara mulai dari Singapura, Korea, dan Rusia). Film animasi yang berjudul “Meraih Mimpi” tersebut diproduksi Infinite Frameworks (IFW), studio animasi yang berpusat di Batam. Film ini merupakan adapatasi dari buku karya Minfung Ho berjudul Sing to The Dawn. Buku tersebut bercerita tentang kakak beradik yang berusaha melindungi tempat tinggal mereka dari kontraktor penipu. IFW membuat adapatasi buku Minfung Ho tersebut atas permintaan pemerintah Singapura yang ingin buku wajib baca di beberapa SD di Singapura tersebut dibuatkan filmnya. Begitu mendapat tawaran, IFW langsung memulai pengerjaan film Sing to The Dawn. Dan untuk diketahui lebih dari 150 animator yang turut andil di dalamnya
Software Animasi dan Review Singkat
Toon Boom Studio
Toon
Boom Animation Inc adalah pemimpin dunia dalam solusi perangkat lunak animasi.
Toon Boom membawa aplikasi animasi yang user-friendly untuk semua dan
mengembangkan geografi baru untuk membuat animasi sebagai komunitas global
seperti yang dapat. Dalam segmen pasar, Toon Boom melayani kebutuhan anak-anak,
pengguna rumahan, profesional kreatif serta siswa, pendidik dan sekolah. Karena
penting, Toon Boom sepenuhnya didedikasikan untuk kebutuhan animator independen
dan studio, menawarkan berbagai macam produk dari alat-alat pra-produksi yang
kuat untuk solusi terdepan produksi animasi. Mengandalkan keahlian yang luas
dalam produksi animasi, Toon Boom menyediakan jasa konsultasi di bidang
optimasi, integrasi pipa, bantuan produksi dan pengembangan kustom.
CreaToon
CreaToon adalah solusi software untuk membuat animasi 2D pada
PC Anda dengan gaya cut-out. Dengan CreaToon, Anda dapat membuat animasi /
video dengan format file wmv, mpeg, mpg, mov, asf, dan avi.
Anime Studio
Anime
Studio 5 Pro adalah program animasi yang lengkap untuk membuat film, kartun,
anime, atau memotong animasi. Buat sendiri desktop animasi pendek dalam gaya
Selatan Park dan JibJab, atau menggunakan Anime Studio Pro 5 menghasilkan
panjang untuk film animasi, video, atau streaming melalui web.
Autodesk Maya
Pengertian Maya Maya adalah software 3D modeling
maupun animasi, khususnya character modeling dan character animation. Autodesk
Maya atau sering disingkat menjadi Maya, adalah software desain grafis 3D yang
mampu dioperasikan pada Windows, Mac, dan Linux. Pada awalnya software ini
dikembangkan oleh Alias System Corporation (Alias|Wavefront), namun saat ini
berada di bawah Autodesk, Inc.
Blender
3D
Blender adalah aplikasi grafik komputer yang memungkinkan Anda untuk
memproduksi suatu gambar atau animasi berkualitas tinggi dengan menggunakan
geometri tiga dimensi. Tidak hanya untuk membuat suatu model atau animasi 3
dimensi, aplikasi 3D Blender pun sudah cukup mumpuni untuk digital sculpting,
mengedit video, 2D & 3D tracking, postproduction bahkan untuk membuat game.
Dan aplikasi ini juga bisa di jalankan di berbagai macam platform sistem
operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dan lain-lain.
Lightwave 3D
Lightwave
3D adalah salah satu software 3D yang popular keluaran Newtek Inc., dimana
Lightwave 3D merupakan paket lengkap Model, Animate dan Render. Cukup banyak software
di dunia ini yang cuma berfungsi salah satu seperti Modo yang berfungsi hanya
modeling, Messiah hanya untuk
animate, RenderMan untuk render saja, dan banyak lagi software lainnya.
Dengan sebuah paket lengkap berarti anda bisa membuat model, lalu menganimasikannya dan terakhir menghasilkan render final. Lightwave 3D sendiri dipakai oleh kalangan yang beragam, mulai dari untuk Print Ad, web content dengan Flash, serial TV, film layar lebar, visualisasi desain produk dan arsitektural, game 3d komputer maupun konsol hingga visualisasi di badan antariksa Amerika NASA
animate, RenderMan untuk render saja, dan banyak lagi software lainnya.
Dengan sebuah paket lengkap berarti anda bisa membuat model, lalu menganimasikannya dan terakhir menghasilkan render final. Lightwave 3D sendiri dipakai oleh kalangan yang beragam, mulai dari untuk Print Ad, web content dengan Flash, serial TV, film layar lebar, visualisasi desain produk dan arsitektural, game 3d komputer maupun konsol hingga visualisasi di badan antariksa Amerika NASA